Negosiasi adalah bagian penting dalam kehidupan sehari-hari agar kita dapat bertahan, baik dalam bisnis maupun bidang kehidupan lainnya. Latihan ini akan membantu Anda mengembangkan keterampilan dan kepercayaan diri yang dibutuhkan agar berhasil melakukan negosiasi dalam berbagai situasi formal maupun nonformal. Ingatlah, negosiasi tidak hanya terbatas pada hubungan industrial atau kontrak bisnis. Apa yang Anda lakukan jika atasan tiba-tiba memutuskan untuk menambah beban kerja atau mengubah peran Anda dalam perusahaan tanpa berdiskusi terlebih dahulu? Bagaimana menghadapi salah satu anggota tim yang melemahkan kewenangan Anda dengan kepribadiannya yang dominan atau karismatik? Inti dari negosiasi adalah mencapai kesepakatan dengan lawan negosiasi sehingga dapat mencapai tujuan.
Negosiasi adalah usaha untuk mencapai kesepakatan dengan lawan negosiasi sehingga Anda bisa mencapai tujuan. Kita sering tidak mempersiapkan diri dengan baik untuk bernegosiasi atau terlibat dalam proses tersebut sebelum sempat memikirkannya dengan matang. Ketika negosiasi terjadi kita sering merasa tidak puas. Kita berharap sebelumnya telah meluangkan perhatian dan waktu yang lebih banyak sehingga mencapai hasil yang memuaskan. Jika Anda mengikuti training ini dengan baik maka Anda akan mendapatkan hasil terbaik bagi diri sendiri dan juga pihak lain. Langkah-langkah tersebut akan membantu Anda mencapai hasil yang memuaskan semua pihak dan meningkatkan kualitas hubungan.
TUJUAN TRAINING NEGOSIASI : EFFECTIVE NEGOTIATION SKILLS
Mampu mengembangkan ketrampilan dan kepercayaan diri dalam bernegosiasi.
Meningkatkan kualitas hubungan dengan pihak lain dan mencapai hasil maksimal dalam bernegosiasi.
Mampu mengendalikan sikap dan emosi dalam bernegosiasi khususnya dalam situasi sulit.
Mampu menangani berbagai situasi dalam berhubungan dengan orang lain baik didalam perusahaan maupun dalam kehidupan sehari-hari.
MATERI TRAINING NEGOSIASI: EFFECTIVE NEGOTIATION SKILLS
Pengantar Mengenai arti memberikan Pelayanan dalam kerja
Pemahaman arti negosiasi : Mengapa perlu negosiasi
Tingkatan dalam Negosiasi :
Pengalaman Praktek Negosiasi dalam berbagai situasi dan kondisi
Memahami orang lain
a. Mengenali harapan dan Kebutuhan Orang lain
b. Mengapa orang menjadi sulit dan menjengkelkan
c. Relasi bisnis yang sulit didalam negosiasi
d. Meng-handle tuntutan relasi yang sulit berkompromi
e. Menciptakan pengalaman menyenangkan orang lain
Model Komunikasi dalam Negosiasi yang efektif dan asertif
a. Hambatan-hambatan dalam komunikasi
b. Persepsi dan asumsi yang menghambat
c. Menyampaikan umpan balik yang efektif
d. Bahasa tubuh dan menginterpretasikan
Mempersiapkan Negosiasi
Batasan Negosiasi
Menentukan Sasaran
Mempersiapkan diri
Menilai pihak lawan
Memilih strategi
Melaksanakan Negosiasi
Menilai suasana
Membuat proposal
Menanggapi usulan ataupun siasat
Menentukan posisi
Menutup Negosiasi
Menjual posisi
Menuju penutupan
Menggunakan mediator
Melaksanakan keputusan
Mengukur kemampuan diri
Mencapai kesepakatan
Negosiasi dalam situasi sehari-hari
Negosiasi melalui telepon dan Email
PESERTA TRAINING
Staf Penjualan dan pemasaran, staf procurement, staf purchasing, Customer Service Officer dan bagi siapa saja yang memerlukan training ini untuk meningkatkan kapasitas dan kinerja di perusahaan.