Bentuk Forum Wirausaha

Dr-Zaenal-Aripin-655x330

ISTIMEWA MEMBUAT KOPI: Founder Kriez Zaenal Aripin saat membuat kopi di cafe miliknya, Maeta Coffe, Jalan Terusan Jakarta Nomor 30 D

Dr-Zaenal-Aripin2-225x300

Dr Zaenal Aripin

Terinspirasi dari Lagu ”Tanah Airku” Ciptaan Ibu Sud

darikita.com, MEMBANGUN bisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak orang gagal berbisnis lalu menyerah dan akhirnya memantapkan diri sebagai pekerja. Bagi sebagian orang, bisnis bisa dikatakan sesuatu yang menakutkan, namun bagi sebagian lagi bisnis menjadi sebuah ladang untuk meraup pundi-pundi rupiah.

Melihat fenomena tersebut, praktisi bisnis, Dr Zaenal Aripin tergugah hatinya untuk membuat sebuah wadah bagi para pebisnis agar bersatu dengan nama Kreatif Indonesia Emas (Kriez). Organisasi ini menjadi forum para pebisnis sebagai wadah berbagi ilmu dan bertukar ide. Berikut wawancara Bandung Ekspres bersama zaenal di kantornya, Jalan Terusan Jalan Jakarta kemarin.

Apa motivasi Anda membangun forum bisnis ini?

Pembentukan Kriez ini berawal dari kebanggan saya terhadap bangsa kita yang kaya akan potensi. Baik itu sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Namun, pengelolaan sumber daya kita ini belum maksimal. Saya terilhami dari lagu berjudul ”Tanah Airku” ciptaan Ibu Sud, bahwa kita harus selalu ingat tanah air, harus bangga dan harus mau mengelolanya.

Siapa sajakah yang Anda rekrut menjadi anggota Kriez?

Semua orang tanpa batasan, siapa saja boleh, mau itu pengusaha kecil, sedang, besar, atau yang belum memiliki usaha namun punya kemauan untuk membuka usaha.

Apakah akan fokus jika semua kalangan disatukan?

Saya melihat fenomena di sekitar kita ini banyak orang yang berwirausaha, namun ada yang gagal ada juga yang sukses. Alangkah lebih baiknya jika mereka (yang gagal dan sukses) kita kumpulkan dalam sebuah wadah. Tujuannya agar bisa saling tukar ide dan pengalaman.

Apakah dari masing-masig anggota bisa memberi manfaat atau berkontribusi?

Pasti. Dalam bisnis ini butuh networking. Dengan berkumpul dalam sebuah forum, kita bisa tukar ide, bisa menjalin kerjasama antara angota satu dengan yang lainnya. Meskipun belum memiliki usaha, kan bisa bantu jual produk teman kita. Dengan begitu, yang nganggur bisa punya penghasilan, yang sudah jalan usahanya tambah sukses.

Bidang apa saja yang sudah tergabung dalam Kriez?

Banyak, seperti kuliner, digital creatif, property, usaha jasa dan lain-lain.

Berapa banyak member yang sudah bergabung dengan Kriez?

Sampai saat ini sudah cukup banyak, tiap bulan atau minggu ada yang gabung. Bahkan di Facebook dan Twitter banyak yang gabung, rata-rata mereka pengusaha yang aktif bertukar pikiran.

Apa yang Anda tekankan dalam mengembangkan forum ini?

Saya hanya menekankan kepada anggota agar saling membantu. Karena dalam bisnis itu perlu jaringan, perlu timwork. Semuanya harus bersatu padu, yang pernah usaha tapi gagal bisa dijadikan contoh, begitupun yang sukses menjadi contoh baik.

Harapan Anda ke depan seperti apa?

Harapannya ingin terus berkembang. Kita harus mengabdi kepada bangsa kita.Apalagi sebentar lagi kita akan memasuki MEA. Kita harus kuat, dan tak boleh terkalahkan orang asing. (fik)

BIODATA

Nama:

Zaenal Aripin

Tempat/Tanggal Lahir:

Garut 21 Februari 1969

Pendidikan:

  1. 1. S1 Teknik Manajemen Industri Universitas Pasundan Bandung
  2. S2 Manajemen Pemasaran Universitas Padjadjaran Bandung
  3. S3 Manajemen Pemasaran Universitas Padjadjaran Bandung

Profesi  :

Dosen, Pengusaha

Usaha yang Dijalankan :

  1. Owner PT Bank Pekreditan Rakyat Lexi Pratama Mandiri (BPR LPM)
  2. Owner Maeta Coffe di jalan Terusan Jalan Jakarta No 30 D dan Jalan Gurame 12 C
  3. Owner Rumah Makan Ibu Haji Cijantung di Jalan Leles, Garut dan Jalan Raya Gading Tutuka No 5 Soreang Bandung (franchisor)

Organisasi yang Dijalankan :

  1. Kratif Indonesia Emas (Kriez) sebagai Founder
  2. Masyarakat Ekonomi Syariah Jawa Barat (Ketua Umum)